More Links

Dhamma itu indah diawalnya, indah dipertengahan, dan indah pula pada akhirnya.

Jumat, 28 Januari 2011

Mengatasi kemarahan

berikut adalah cara mengatasi kemarahan:
pernahkah suatu hari kita tiba2 dimarahi oleh orang tampa sebab? sehingga membuat kita berpikir,..mimpi apa ya semalam, tiba2 dimarahi orang tampa sebab? hal ini membuat kita nggak merasa enak untuk melakukan apapun.
1.analis pertama :anggap semua orang itu adalah saudara, jika kita mengganggap mereka adalah saudara, tentu kita nggak akan berlarut dalam kekecewaan.
2.analis kedua : kisah Buddha Gotama, ada manusia penggores karang, penggores pasir dan penggores air, penggores karang adalah mereka yang masih menyimpan kemarahannya dalam waktu yang lama dan sulit untuk dihilangkan, manusia penggore pasir adalah manusia yang kemarahannya mudah lenyap dan mudah muncul, karena sifat pasir, tertiup angin akan habis tak berbekas, lalu manusia penggores air, adalah manusia yang telah mebaklukan kemarahannya, bagaikan air kita gores nggak akan terbelah atau tergores, demikianlah yang dipunyai para bodhisatva, kita manusia dilevelan manusia penggores pasir.
3.berpikir bijak, dengan membalas kemarahan dengan kemarahan akan membuat segalanya semakin buruk, contoh, kita marah terhadap orangtua kita, orangtua mungkin memaafkan kita tapi dampaknya, ibarat kita memaku pohon, biarpun paku itu dicabut akan meninggalkan luka lubang pada pohon tersebut.
4.marah merugikan diri sendiri, misal kita marah terhadap bawahan kita dg meledak2, lalu tiba2 bawahan kita nggak senang maka tiba2 kita ditusuk, dan tewas seketika, inilah kebodohan manusia yang kadang lupa disadarinya.
5.Sadari bahwa saat anda sedang marah wajah anda akan menjadi jelek, muka menjadi aneh, dan aliran darah akan menuju otak, dampaknya akan bisa mengakibatkan stroke.
6.Tarik nafas dari hidung, dan buang pelan2 melalui mulut, lakukan berulang2 sampai kemarahan reda.
7.dari rekan2 di YA, yaitu siram wajah atau muka dengan air dingin.
8.sadari lengkungan mulut kita akan kebawah jika sering marah :( , jika sering tersenyum maka akan :).jika ada yang menambahkan silahkan komentarnya.tq

1 komentar:

  1. Folow gu bro tar gu folow blik.,
    Http://ulaklebargaul.blogspot.com

    BalasHapus