More Links

Dhamma itu indah diawalnya, indah dipertengahan, dan indah pula pada akhirnya.

Rabu, 06 April 2011

Kehidupan Tak pasti, kematian adalah Pasti

Tersebutlah disebuah Vihara, ada seorang samanera kecil yang sangat baik hati, dia ajarkan oleh Gurunya tentang kebaikan-kebaikan. kebetulan gurunya dapat melihat kehidupan masa lalu dan masa yang akan datang. suatu ketika dilihatlah kehidupan masa depan samanera kecil ini ketika sedang bermeditasi. Gurunya Bhikkhu senior pucat melihat murid kecil dan lucunya ini akan meninggal dunia dalam 7 hari kedepan.
seusai meditasi, Gurunya menyuruh sisamanera kecil untuk pulang selama 7 hari menemui keluarganya agar dia bisa melewati waktu 7 hari bersama dengan keluarganya.
samanera kecil dg bahagia menuju kerumah orang tuanya, Gurunya menangis mengiringi kepergian murid kecil dan lucu itu.
Hari ketujuh, Guru samanera itu tak bisa berbuat banyak, dia tau karena anak itu pasti sdh meninggal dan dimakamkan oleh keluarganya, dia bermeditasi didalam ruangan, airmatanya berlinang mengenang kelucuan samanera itu. tiba-tiba sebuah suara muncul memanggil " Guru,..aku pulang...!" suara itu mirip dg suara samanera kecil, gurunya nggak berani membuka mata, dia yakin itu hanylah ungkapan perasaan rindunya terhadap samanera itu, karena dia tau apa yang dilihatnya nggak mungkin salah dan selalu menjadi kenyataan."Guru,..aku pulang,..!"suara itu semakin dekat, dan akhirnya ia memberanikan diri membuka matanya dan melihat samanera kecil dengan lucunya beranjali dihadapannya. dengan rasa haru ia memeluk samanera kecil dan bertanya, " kau melakukan apa dalam perjalanan pulang kerumah orang tuamu?", samanera kecil menjawab " ketika saya melewati sebuah sungai, saya melihat sekumpulan semut hanyut diatas daun, lalu saya mengambil nya dan menaruhnya didaratan guru, tapi semut-semut itu malah menggigitku !".Gurunya merasa bahagia, karena ajarannya sudah dipraktekkan oleh muridnya yang masih kecil, dia memiliki hati welas asih terhadap semua makhluk, sehingga perbuatannya menyelamatkan nyawa mahkluk hidup membuatnya panjang usia.
setiap kehidupan tidak pasti, namun kematian adalah pasti, semua manusia pasti mengalami kematian, namun yang membedakan bagaimana dan kapan kematian itu akan datang pada kita, seperti samanera kecil dia terlepas dari bencana kematian karena menyelamatkan makhluk hidup, jika anda ingin berpanjang umur, tidak mudah sakit, maka berbuatlah Fang shen(pelepasan Makhluk hidup), oleh karena itu kehidupan tak pasti, kematian adalah pasti._/\_ namaste

1 komentar:

  1. Great Blog and Great Story..

    Cerita singkat yang sangat bermakna.. Terima kasih telah membaginya..

    Sabbe Satta Sadda Hontu Avera Sukkhajivino
    Sabbe Satta Bhavantu Sukkhitatta..
    Saddhu Saddhu Saddhu

    BalasHapus